Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 25 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

A. PENGERTIAN CINTA KASIH
cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Perbedaan cinta dan kasih. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya, dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itula kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, dan kerabat. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.

B. CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
 Berbagai bentuk cinta:
1. Cinta diri
cinta diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri.
2. Cinta kepada sesama manusia.
 agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya.
3. Cinta seksual
cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual
4. Cinta kebapakan
para ilmu jiwa modern berpendapat bahwa dorongan kebapakan bukanlah dorongan fisiologis seperti halnya dorongan keibuan, melainkan dorongan psikis. Dorongan ini nampak jelas dalam cinta bapak kepada anak-anaknya.
5. Cinta kepada Allah
puncak cinta manusia paling bening, jernih dan spritual ialah cintanya kepada Allah dan kerinduan kepada-Nya.
6. Cinta kepada Rasul

C. KASIH SAYANG
kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan.
Dalam kasih sayang sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, dan saling terbuka.

D. KEMESRAAN
kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang di mabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.
Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

E. PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang dapat diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.
Pemuajaan-pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya. Hal ini manusia mohon ampun atas segala dosanya, mohon perlindungan, mohon dilimpahkan kebijaksanaan, agar ditunjukkan jalan yang benar, mohon ditambahkan segalah kekurangan yang ada, dan lain-lain.

F. BELAS KASIHAN
Dalam surat yohanes dijelaskan ada tiga macam cinta. Cinta agape ialah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta philia iala cinta kepada bapak ibu (orang tua) dan saudara, dan ketiga cinta amor/eros ialah cinta antara pria. Beda antara cinta eros dan amor ini ialah cinta eros karena kodrati sebagai laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinanar.
Cinta terhadap sesama merupakan perpaduan antara cinta agape dan cinta philia.
Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasihan.
Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak.

G. CINTA KASIH EROTIS
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Cinta kasih mereka sebenarnya merupakan semacam egoisme dua orang, mereka merupakan dua orang yang saling menemukan kesamaan dan yang telah mengatasi keterpisahannya dengan cara "satu individu mewakili dua individu.
Cita kasih erotis meneksklusifkan cinta kasih terhadap orang lain hanyalah dalam segi-segi fusi erotis dan keikut sertaan selengkapnya dengan semua aspek kehidupan orang-orang lain, tetapi bukan dalam arti cinta kasih kesaudaraan yang mendalam terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar